Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar meresmikan Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Bromo yang terletak di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur pada Kamis (17/10/2019). Pos yang pertama kali dibangun tahun 1984 melalui Program Bantuan Presiden ini mengalami beberapa kali renovasi dalam kurun waktu tahun 2004 hingga 2015. Pada tahun 2019 dilakukan pembangunan Pos PGA Bromo baru yang berlokasi di bagian atas bangunan Pos PGA lama. Pembangunan dilaksanakan selama Maret hingga Agustus 2019.

Dalam peresmian yang dihadiri oleh Kepala Badan Geologi, Bupati Probolinggo, Staff Ahli Menteri ESDM, Dandim, Kapolres serta tamu undangan lainnya, Arcandra Tahar berharap agar setelah dilaksanakan penambahan bangunan baru Pos Pengamatan G. Bromo ini, dapat berfungsi sebagai tempat edukasi kebencanaan gunungapi dan sumber informasi kebencanaan di area Kaldera Bromo-Tengger. "Masyarakat dapat turut serta menjaga keberadaan Pos Pengamatan ini serta peralatan pemantau pendukungnya untuk kepentingan bersama dalam meminimalkan risiko bencana gunungapi." tegas Arcandra.
Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar menjelaskan Pos Pengamatan Gunung api mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam mitigasi gunung api. Pos Pengamatan Gunung api sebagai representasi Kementerian ESDM yang berada di bawah manajemen Badan Geologi.

Narasi: Yana Karyana (PVMBG)

Hak Cipta © 2019 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 18
Jakarta Pusat 10110
Telp. 021 3804242 Fax. 021 3507210