Mining For Life

Tanggal 28 September setiap tahunnya diperingati oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai hari jadi Pertambangan dan Energi, hal ini tidak terlepas dari peristiwa besar bagi sektor pertambangan dan energi yang terjadi pada masa perjuangan tahun 1945.

gbr1

Mining for Life merupakan salah satu rangkaian acara yang telah dilaksanakan di hari Jadi Pertambangan pada tanggal 28 September 2018. Kegiatan Mining For Life, yang diadakan di Museum Geologi Bandung pada tanggal 19 Januari 2019 bekerjasama dengan sejumlah perusahaan tambang di Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Mining Association (IMA). Pada acara Mining for Life digelar serangkaian kegiatan seperti pameran foto, instalasi dan video informatif mengenai praktik pertambangan yang baik dan bertanggung jawab, kompetisi media sosial, kompetisi vlog stand-up comedy, diskusi bersama para CEO perusahaan tambang dengan pimpinan media massa, kompetisi karya jurnalistik serta acara musik yang menghadirkan band ternama. pada acara hari ini kegiatan berkolaborasi dengan kegiatan Day and Night At The Museum.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Geologi, Rudy Suhendar. Dalam sambutannya Rudi Suhendar menyampaikan bahwa Museum Geologi memiliki keterkaitan yang erat dengan industri tambang. Museum Geologi sangat representatif untuk menjelaskan terkait masalah tambang kepada masyarakat awam, karena koleksinya yang lengkap dan interaktif. Museum Geologi, Badan Geologi senantiasa akan terus bekerja dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholders terkait, untuk meramu ide, gagasan dan pemikiran serta bekerjasama dalam mengembangkan program-program kegiatan dan mendorong museum menjadi pusat penyebarluasan informasi dan tempat pembelajaran, pendidikan ilmu pengetahuan tentang alam, teknologi, seni, dan budaya Nusantara.

 gbr2

Ido Hutabarat selaku Ketua Indonesian Mining Association (IMA) dalam sambutannya mengatakan konsep dasar acara Mining for Life ini berangkat dari fakta bahwa Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, khususnya di sektor pertambangan. Begitu besarnya potensi sektor pertambangan di Indonesia, hingga sektor ini menjadi salah satu penyumbang utama dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di APBN kita. Acara ini menjadi salah satu sarana untuk mengapresiasi kayanya kandungan tambang di Indonesia dan kemanfaatannya untuk kehidupan.