Badan Geologi Undang Stakeholder Gelar Rapat Besar Bahas Hidrogeologi Kars Watuputih Rembang

Badan Geologi Undang Stakeholder Gelar Rapat Besar

Bahas Hidrogeologi Kars Watuputih Rembang


Badan Geologi mengundang para stakeholder jumat (09/06/17) di Jakarta membahas Metodologi kajian komprehensif Cekungan Air Tanah (CAT) Watuputih, Rembang,  Jawa Tengah. Rapat Besar yang dipimpin Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar fokus pada kajian komprehensif mengetahui kondisi geologi dan hidrogeologi kars di CAT Watuputih.  

badangeologiundangstakeholdergelarrapatbesarbahashidrogeologikarswatuputihrembang
Pertemuan yang yang dihadiri oleh sekitar 70 orang ini dihadiri oleh Bupati Rembang, Deputi II Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Sosial, Ekologi dan Budaya Strategis, KSP; perwakilan dari: Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, KLHK, Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah;  
Sementara itu dari lingkungan perguruan tinggi hadir dari UPN “Veteran” Yogyakarta, UGM Yogyakarta, UNDIP Semarang, ITB Bandung, dan Dekan FTG UNPAD Bandung. Hadir juga perwakilan dari Perwakilan dari PT Semen Indonesia; Asosiasi Profesi: IAGI, MGEI, dan PAAI; Pusat Studi Karst UGM; serta Pecinta lingkungan: WALHI, Koalisi Kendeng Lestari, JMPPK, ASC dan ISS.  
Sedangkan dari internal KESDM hadir pada rapat ini, Dirjen Minerba, Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik, Staf Khusus Bidang Tata Kelola dan Kelembagaan, Tenaga Ahli Bidang Kebencanaan, dan Tenaga Ahli Bidang Organisasi dan Kelembagaan.      
Dalam rapat yang berlangsung di Gedung Heritage, Sekretariat Jenderal KESDM itu Badan geologi yang dipimpin Ego Syahrial memaparkan 3 hal utama. Diawali dengan paparan umum terkait tujuan kajian komprehensif, lokasi kajian, Personil, data dan informasi dari stakeholder, dan time table capaian tahap 1 dan rencana tindak lanjut tahap 2.  Ketiga hal yang menjadi pokok bahasan terkait geologi, hidrogeologi dan geofisika.

badangeologiundangstakeholdergelarrapatbesarbahashidrogeologikarswatuputihrembang1
          Pada forum ini Wamen ESDM meminta semua pihak untuk saling tukar  informasi, dan menyarankan keterbukaan untuk mencari kebenaran. Menanggapai hal itu  semua pihak yang hadir sepakat untuk berbagi data dan mengapresiasi metodologi kajian komprehensif yang dilakukan oleh Badan Geologi. Para ahli yang dihadirkan juga memberikan masukan yang diterima sangat antusias oleh para peserta rapat. Selain  arahan wamen dan paparan dari Badan Geologi, beberapa masukan dari Lambok Hutasoit (ITB), Sukmandaru (IAGI), Heru Hendrayana (UGM), Eko Teguh (UPN), Eko Haryono (Pusat Studi Karst Fakultas Geografi UGM), dan Cahyo rahmad (ISS) memperkuat  memperkuat kajian komprehensif ini. Di akhir acara Wamen ESDM dan Kepala Badan Geologi mengundang semua pihak untuk terlibat dalam kajian ini, dan berterima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya.

 

Sumber : Tantan

 <Berita Terkini>