Situs
Granit Pulau Semiun

Kab. Natuna, Kep. Riau
Koordinat : 4.518087 LU, 107.732668 BT

Informasi Data Warisan Geologi

Situs Granit Pulau Semiun

   © 2016-2023  GeoHeritage | Geologi Indonesia | Badan Geologi | KESDM

Batuan:
Batuan beku asam berupa granit berwarna putih. Mineral penyusun dari batuan ini berukuran sedang – kasar, berupa mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit dan muskovit. Granit di Pulau Semiun terbentuk pada 100± 0.45 juta tahun yang lalu berdasarkan perhitungan umur menggunakan K-Ar.

Bentang Alam:
Pulau granit yang diperkirakan merupakan batolith granit yang terangkat dan tersingkap di permukaan akibat proses tektonik. Di pinggir pantai Pulau Semiun juga teramati Tor Granit yang berupa bongkah-bongkah granit berukuran besar.

Hasil Identifikasi

NILAI TERTINGGI:

Mempunyai nilai tinggi dari himpunan aspek bentang alam umum, ranah batuan atau mintakat geologi, proses internal dan eksternal, tektonik, dan evolusi temporer.

NILAI TERKEMUKA:

Mempunyai nilai terkemuka karena mengandung rekaman ilmiah, tatanan geologi, dan bukti peristiwa geologi penting berupa kehadiran batuan granit yang terbentuk pada 100± 0.45 juta tahun yang lalu, serta memiliki bentangalam yang spesifik berupa Tor Granit.

BANYAK MAKNA:

Mempunyai banyak makna, baik dari aspek ilmiah, aspek estetika, aspek rekreasi, dan aspek budaya.

ANEKA FUNGSI:

Mempunyai aneka fungsi, baik sebagai artefak sejarah bumi, sebagai rekaman kunci suatu peristiwa geologi yang menunjukkan keragaman geologi bersifat langka, sebagai bentang alam khusus yang karena nilai estetikanya menjadikannya sebagai keragaman geologi yang unik.

PEMBANDINGAN:
Nasional

PEMANFAATAN:
Ilmu Pengetahuan
Pendidikan
Pariwisata

0x

Disukai

107x

Dikunjungi