Situs
Sesar Opak Bukit Mengger

Kab. Bantul, Yogyakarta
Koordinat : 7.89097222 LS, 110.3952583 BT

Informasi Data Warisan Geologi

Situs Sesar Opak Bukit Mengger

   © 2016-2023  GeoHeritage | Geologi Indonesia | Badan Geologi | KESDM

Batuan:
Batuan penyusun Bukit Mengger berupa perlapisan batupasir berbutir kasar berwarna hitam, batupasir berbutir kasar-sangat kasar, dan breksi batuapung berwarna abu-abu dimana setempat terdapat fragmen litik lempung hijau dengan tebal mencapai 50 m. Satuan batuan tersebut bagian dari Formasi Semilir.

Struktur Geologi:
Pada lokasi ini dapat dijumpai bidang sesar mendatar dengan kemiringan bidang relatif tegak dengan arah relatif timur laut-barat daya. Sesar ini merupakan salah satu segmen Zona Sesar Opak yang tersingkap. Kedudukan bidang sesar yang memotong lapisan tanah dengan ketebalan sekitar 50 cm-5 m mengindikasikan bahwa sesar ini merupakan sesar aktif. Bukti-bukti sesar dapat diamati di beberapa wilayah Kapanewon/Kecamatan Jetis dan Pleret.

Bentang Alam:
Perbukitan struktural yang pembentukannya sangat dipengaruhi oleh aktifitas sesar mendatar Sesar Opak. Selain itu juga dipengaruhi oleh kondisi batuan dasar berupa batuan epiklastik gunungapi Formasi Semilir yang relatif keras.

Hasil Identifikasi

NILAI TERTINGGI:
Mempunyai nilai tinggi dari terkait proses internal dan eksternal, tektonik, dan evolusi temporer dari aktifitas Sesar Opak

BANYAK MAKNA:
Mempunyai banyak makna baik dari aspek ilmiah sebagai rekaman dan bukti evolusi bumi terkait keberadaan sesar aktif dan aspek estetika.

PEMBANDINGAN:
Nasional

PEMANFAATAN:
Ilmu Pengetahuan
Pendidikan
Pariwisata

0x

Disukai

1905x

Dikunjungi