Situs
Teras Pantai Kedung Tumpang

Kab. Tulungagung, Jawa Timur
Koordinat : 8.303407 LS, 112.01053 BT

Informasi Data Warisan Geologi

Situs Teras Pantai Kedung Tumpang

   © 2016-2023  GeoHeritage | Geologi Indonesia | Badan Geologi | KESDM

Formasi Geologi:
Wonosari (Punung) Formation

Batuan:
1) Pada lokasi ini dapat dijumpai perselingan dari berbagai jenis batugamping antara lain batugamping yang mengandung aneka biota dengan permukaan yang erosif,batugamping berbutir jarang putih,batugamping berlumpur dengan laminasi, lalu batugamping dengan fragmen pasiran. Diantara batugamping tersebut terdapat sisipan lapisan tephra, dan batupasir tufan.
2) Batuan-batuan tersebut termasuk kedalam Formasi Wonosari yang berumur Miosen Tengah.

Fosil:
1) Fosil yang terdapat pada lokasi ini antara lain: Foraminifera bentonik besar yang terdiri dari: Flosculinela sp., Miogypsina sp., Textularia sp., Amphistegina sp., Operculina sp.
2) Koral, bivalvia, gastropoda, coelenterata, dan ekinoid. Berdasarkan kandungan foraminifera bentoniknya, batuan di lokasi ini berumur Miosen Awal hingga Miosen Tengah (Te2 – Tf1 ).

Bentang Alam:
Lokasi ini merupakan pantai batugamping memanjang membentuk teras pantai dengan keunikan keterdapatan lubang-lubang (pothole) yang terlihat saat surut laut. Lubang-lubang ini terisi banyak batuan dengan bentuk hampir bundar sempurna dengan rata-rata sebesar bola basket. Proses pembentukan kolam tersebut masih berlangsung.

Hasil Identifikasi

NILAI TERKEMUKA:

Mempunyai nilai terkemuka karena mengandung rekaman ilmiah, bentang   alam   yang spesifik dan lapisan- lapisan yang mengandung berbagai macam fosil,bermakna sebagai  bukti atas peristiwa  geologi penting berupa pengendapan tahap awal dari Formasi Wonosari.

BANYAK MAKNA:

Mempunyai   banyak makna:

1)Dari  aspek  ilmiah sebagai  rekaman pembentukan awal dan perubahan lingkungan yang mempengaruhi batugamping Formasi Wonosari dan juga pembentukan lubang(pothole) pada pantai akibat arus turbulensi.

2)Dari aspek estetika berupa keindahan bentang alampantai dengan lubang(pothole) yang unik yang terisi oleh batuan-batuan dengan bentuk hampir bundar sempurna.

3)Lokasi ini juga berpotensi mendukung rekreas di kawasan Pantai Kedungtumpang

ANEKA FUNGSI:

Mempunyai aneka fungsi,sebagaibentang alam karst yang karena nilai estetikanya menjadikan sebagai keragaman geologi (Geodiversity) yang unik,maupun sebagai   pendukung ekologi.

PEMBANDINGAN:
Nasional

PEMANFAATAN:
Ilmu Pengetahuan
Pendidikan
Pariwisata

0x

Disukai

135x

Dikunjungi