Paska terbitnya Peraturan Menteri ESDM No. 8 Tahun 2022 tanggal 28 Maret 2022, Puslitbang Geologi Kelautan (P3GL) bertransformasi menjadi Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan (BBSPGL) yang meupakan salah satu UPT di bawah Badan Geologi. Pada hari ini Kamis, 7 April 2022 Sekretaris Badan Geologi Dr. Ediar Usman melakukan kunjungan kerja ke Kantor BBSPGL di Jl Kalijaga Cirebon sekaligus memimpin rapat dinas koordinasi perdana BBSPGL di bawah Badan Geologi bersama seluruh Satker di lingkungan Badan Geologi dengan jumlah peserta 45 orang.

c-WhatsApp%20Image%202022-04-07%20at%201Rapat koordinasi membahas terkait kesesuaian usulan anggaran dan nomenklatur RSPP untuk rencana kerja TA 2023 termasuk juga penyesuaian indikator dan target kinerja. Berikut juga dibahas terkait update kebijakan program di bidang kegeologian mengacu pada Center of Excellence (CoE) Geologi Indonesia dengan 5 pilar pembangunan: Eksplorasi dan Penyelidikan Sumber Daya; Penyelidikan dan Konservasi Lingkungan; Mitigasi Bencana; Rekomendasi Teknis; dan Pelayanan Data dan Informasi.

BBSPGL diharapkan akan lebih banyak lagi berkiprah untuk menghasilkan outcome yg lebih bermanfaat riil serta kegiatan-kegiatan mandatory bidang geologi, seperti: pemetaan geologi laut area prioritas; rekomendasi wilayah kerja/izin usaha; mitigasi bencana geologi di laut; peran aktif pada kawasan dasar landas kontinen serta tata ruang pantai dan laut.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lingkungan kantor serta fasilitas teknis Kapal Geomarin III untuk melihat kondisi kapal, peralatan survei dan fasilitas sarana pendukungnya. Kegiatan ditutup dengan diskusi dan dialog dengan Tim Sarana Teknis dan para ABK Geomarin III.


Kembalinya unsur geologi kelautan ke Badan Geologi pada bulan baik ini semoga menjadi menjadi berkah bagi semua dan kiprah Badan Geologi semakin maju serta lebih bermanfaat bagi masyarakat. Salam Geologi Indonesia.

Sumber Berita : J. Parwata


Hak Cipta © 2022
BADAN GEOLOGI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Diponegoro No. 57 Bandung 40122 Telp. 022 7215297