Pada hari Senin, 13 Juni 2022 telah diselenggarakan pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Museum Geologi Tahun 2022 di amfiteater layanan pusat informasi Museum Geologi. Pencanangan Zona Integritas berlangsung penuh semangat dipimpin oleh Sekretaris Badan Geologi bersama Kepala Museum Geologi, Kepala Subbagian Umum dan para Subkoordinator serta seluruh Pegawai Museum Geologi mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Dalam laporannya, Kepala Museum Geologi Isnu Hajar Sulistyawan menyampaikan bahwa selama masa pandemi COVID-19, Museum Geologi telah melakukan inovasi pelayanan dengan mengoptimalkan pelayanan secara virtual. Kemudian sejalan dengan perkembangan kasus COVID-19 yang semakin menurun, maka pelayanan kembali dilakukan secara hybrid baik secara virtual maupun kunjungan fisik. Bersama itu pula Museum Geologi telah menerapkan Work from Office (WFO) 100% kepada seluruh Pegawai di lingkungan Museum Geologi untuk meningkatkan produktifitas dan efektifitas jam kerja sehingga diharapkan pelayanan dapat diberikan secara optimal. Dengan demikian, dalam pencanangan Zona Integritas Museum Geologi yang melibatkan seluruh pegawai pada kesempatan ini diharapkan dapat dibangkitkan kembali semangat pelayanan publik, sekaligus akan menggalang komitmen internal Museum Geologi dalam pencapaian Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2022.

"Museum Geologi akan menjadi yang terdepan dalam pelayanan informasi kegeologian yang akan memberikan informasi-informasi terbaik terkait kondisi geologi Indonesia, insyaallah Museum Geologi akan memperbaiki pelayanan dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat" ujar Isnu Hajar Sulistyawan.

c-Screen%20Shot%202022-06-16%20at%2020.2Isnu Hajar Sulistyawan (Kepala Museum Geologi)

Selanjutnya dalam sambutannya, Sekretaris Badan Geologi Dr. Ediar Usman memberikan apresiasi atas upaya pencanangan Zona Integritas Museum Geologi yang merupakan pencanangan Zona Integritas pertama di lingkungan Badan Geologi tahun 2022.

"Saya gembira sekali karena Museum (Geologi) mengambil posisi duluan dibandingkan dengan unit-unit lain, sehingga ini tentu saja akan menjadi pemicu dan pemacu bagi unit-unit lain untuk juga melakukan pencanangan ini, sebagai bagian dari integral untuk penilaian Zona Integritas di lingkungan Badan Geologi" sebut Ediar.

c-Screen%20Shot%202022-06-16%20at%2020.3Dr. Ediar Usman (Sekretaris Badan Geologi)

Museum Geologi tahun ini mencanangkan untuk mendapatkan penilaian sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Andhy Darmaedi Sipayung selaku ketua tim zona integritas Museum Geologi menegaskan komitmen dari para pimpinan dan pegawai Museum Geologi untuk dapat memenuhi unsur-unsur yang terdapat dalam zona integritas.

"Adapun hal-hal yang akan dilakukan adalah komitmen dari pada seluruh stakeholder dalam hal ini pimpinan dan para pegawai Museum Geologi untuk bisa memenuhi beberapa unsur yang terdapat dalam kegiatan zona integritas" tutur Andhy.

Andhy menekankan terhadap manajemen perubahan sebagai contoh pencanangan zona integritas, yakni komitmen sebagai role model pimpinan bersama pegawai Museum Geologi melakukan kegiatan transparan, akuntable dan menjauhi tindakan korupsi kolusi dan nepotiseme (KKN).

Sumber berita: Rifaldi Efriansyah (Museum Geologi)


c-Screen%20Shot%202022-06-16%20at%2020.3





Hak Cipta © 2022
BADAN GEOLOGI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Diponegoro No. 57 Bandung 40122 Telp. 022 7215297