Museum Geologi, Bandung (22/9/2022) - Kedutaan Besar Polandia untuk Indonesia berkolaborasi dengan Museum Geologi-Badan Geologi membuka pameran fotografi jejak geologi Polandia yang bertajuk "Polish Geology Trail" serta pembukaan plakat profil sejarah Prof. Jozef Zwierzycki yang berlangsung di Auditorium Museum Geologi, Kamis 22 September 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat ketokohan Prof. Jozef Zwierzycki ahli geologi berkebangsaan Polandia atas kiprah dan kontribusinya terhadap perkembangan geologi Indonesia selama 24 tahun (1914-1938). Selain melakukan pemetaan geologi di wilayah Indonesia Pulau Sumatra, Papua, Sulawesi, Flores dan Jawa sewaktu bekerja di Dienst vanhet Mijnwezen, Biro Pertambangan atau Geologi Survei Hindia Belanda pada tahun 1914 hingga 1938, Profesor Josef Zwierzycki juga memberikan kontribusi dalam penemuan beberapa fosil manusia purba seperti Homo erectus soloensis dan fosil-fosil binatang purba yang ditemukan di Jawa hingga sekarang terpajang di Museum Geologi.

Dalam kegiatan ini juga diperkenalkan diversitas geologi Polandia melalui pemaparan secara daring oleh Dr.Alina Chrzastek, serta pameran 22 foto panorama geologi Polandia di aula lantai 2 Museum Geologi, kegiatan pameran akan berlangsung hingga tanggal 29 September mendatang.

c-Polandia%202.jpegMomentum pembukaan ini dihadiri oleh Madam Beata Stoczynska-Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Piotr Firlus-Wakil Duta Besar Polandia, Grzegorz Napieralski-Anggota Senat Polandia serta anggota lainnya, Dr.Ir. Sugeng Mujiyanto,M.Sc.,M.Env.Eng.Sc.-Sekretaris Badan Geologi, Dr. Ir. Ferry Sofwan Arif, M.Si.,QCRO-Asisten Administrasi Umum Gubernur Jawa Barat, Drs. Hermansyah,M.Si-Kepala Pusat Survei Geologi, dan Raden Isnu Hajar Sulistyawan S.T., M.T.-Kepala Museum Geologi, serta tamu undangan lainnya.

c-Polandia%203.jpegMomentum pembukaan ini dihadiri oleh Madam Beata Stoczynska-Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Piotr Firlus-Wakil Duta Besar Polandia, Grzegorz Napieralski-Anggota Senat Polandia serta anggota lainnya, Dr.Ir. Sugeng Mujiyanto,M.Sc.,M.Env.Eng.Sc.-Sekretaris Badan Geologi, Dr. Ir. Ferry Sofwan Arif, M.Si.,QCRO-Asisten Administrasi Umum Gubernur Jawa Barat, Drs. Hermansyah,M.Si-Kepala Pusat Survei Geologi, dan Raden Isnu Hajar Sulistyawan S.T., M.T.-Kepala Museum Geologi, serta tamu undangan lainnya.

Madam Beata Stoczynska, dalam sambutannya menyatakan bahwa pihaknya sangat senang atas terselenggaranya kegiatan pembukaan plakat profil Prof. Jozef Zwierzycki dan pameran Jejak Geologi Polandia. "Saya berterimakasih kepada Museum Geologi bahwa hari ini kita sama-sama menghormati Prof. Jozef Zwierzycki pada acara yang begitu khidmat dan terimakasih atas kesempatan mempresentasikan pameran yang berjudul "Polish Geology Trail" yang disiapkan oleh kementerian luar negeri Polandia bekerjasama dengan Institut Geologi Polandia, Polish Geological Institute National, dan Adam Mickiewicz University" tambahnya.

Selain itu, Madam Beata Stoczynska menyampaikan keinginannya untuk kerjasama lebih lanjut dalam berbagi keahlian di bidang geologi dan geopark dengan seluruh mitra di Indonesia. "Saya berharap melalui acara ini dapat membawa hubungan kedua negara menjadi lebih erat" tambahnya.

Pada kesempatan ini Kepala Badan Geologi juga menyampaikan harapan agar peresmian ini sekaligus menjadi titik awal dari upaya peningkatan potensi kerjasama di masa depan, terutama dalam penyebarluasan informasi kegeologian antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Polandia.

Sumber : Museum Geologi


Hak Cipta © 2022
BADAN GEOLOGI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Diponegoro No. 57 Bandung 40122 Telp. 022 7215297