Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono melantik 22 orang pegawai di lingkungan Badan Geologi pada Senin (14/03/2022) di Auditorium Badan Geologi Bandung. Pegawai-pegawai yang dilantik yaitu 6 jabatan fungsional jenjang Ahli Madya, 9 jabatan fungsional jenjang Ahli Muda, 3 jabatan fungsional jenjang Ahli Pertama, 2 jabatan fungsional jenjang Penyelia; dan 2 jabatan fungsional jenjang terampil yang terdiri dari jabatan fungsional: Penyelidik Bumi; Analis Data Ilmiah; Analis Hukum; Perencana; serta Pengamat Gunung Api.

Mengawali sambutannya, Eko Budi Lelono mengucapkan selamat kepada para pegawai yang telah dilantik sebagai Pejabat Fungsional di Lingkungan Kementerian ESDM

Lebih lanjut Kepala Badan Geologi mengatakan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, sebagai pihak yang memiliki tugas untuk mengolah dan mengelola energi dan sumber daya mineral yang ada di Indonesia, mendapatkan kepercayaan sekaligus bertanggung jawab menyukseskan Presidensi G20 pada Pilar Transisi Energi.

Melalui forum G20 ini diharapkan Indonesia bisa menjembatani serta mendorong semua negara maju dan berkembang pada keanggotaan G20 untuk mempercepat transisi energi serta memperkuat sistem energi global yang berkelanjutan.

Dalam mendukung pelaksanaan G20, Badan Geologi sebagai salah satu unit eselon I di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral secara makro berkontribusi melalui pengembangan pembangunan nasional terutama di sektor hulu, seperti penyediaan data-data potensi sumber daya geologi, pemberian rekomendasi-rekomendasi dari aspek geologi, juga kegiatan strategis lainnya.

Untuk menjalankan tugas tersebut diperlukan perbaikan komposisi dalam birokrasi melalui pemenuhan SDM Aparatur yang mengutamakan kompetensi dan keahlian, diantaranya yaitu dengan melakukan transformasi jabatan ke dalam jabatan fungsional baik melalui pengangkatan pertama, inpassing, ataupun kenaikan jenjang.

Saya yakin, dengan potensi keahlian dan keterampilan yang dimiliki, juga disertai dengan kerja keras kita semua, tujuan organisasi dapat dicapai sesuai Amanah dari Undang- undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Penulis: Adia Titania (Sekretariat Badan Geologi)

Hak Cipta © 2022
BADAN GEOLOGI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Diponegoro No. 57 Bandung 40122 Telp. 022 7215297