Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui Pusat Survei Geologi (PSG), Badan Geologi dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) menggelar rangkaian Webinar dan Pelatihan dari tiga kawasan Geopark, yang merupakan kawasan Geopark Global, yaitu UGGp Gunungsewu, UGGp Ciletuh Palabuhanratu, dan UGGp Batur.

Kegiatan webinar dengan konsep hybrid ini dimulai pada 12 Agustus 2021 lalu, dengan tema "Strategi Promosi Geopark Melalui Ditigal Marketing di Kawasan UGGP Gunungsewu".

Masih dalam satu rangkaian kolaborasi antara KESDM dan Dekranas, pada 09 September 2021, kembali digelar Webinar dengan mengusung topik "Strategi Desain Kemasan dan Branding Geoproduk di Kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu"

(Tim Humas)

"Geopark tidak hanya berbicara tentang geologi, tetapi lebih jauh daripada itu, geopark merupakan pengelolaan suatu kawasan secara holistik, yang pada akhirnya akan bermuara pada satu tujuan mulia berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di kawasan geopark itu sendiri", demikian dikatakan Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono dalam sambutan webinar DEKRANAS Goes to Geopark tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Eko, Kementerian ESDM bersama DEKRANAS mencoba menggali segenap potensi di daerah dalam rangka mengembangkan geopark lebih jauh melalui kerjasama dengan seluruh pihak terkait yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengembangkan potensi UMKM melalui strategi tentang kemasan dan branding yang merupakan upaya penting dalam pemasaran suatu geoproduk.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Harian 1 DEKRANAS, Loemongga Agus Gumiwang, "Ekosistem pembinaan yang dilakukan harus komprehensif dari hulu hingga ke hilir, mulai dari bahan baku hingga ke pemasaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk kerajinan dalam negeri, tentunya dengan kualitas produk yang baik. Salah satu upaya untuk membuat suatu produk yang memiliki kualitas baik, daya saing yang tinggi yang dapat meningkatkan daya jualnya, dapat dilakukan dengan membuat kemasan produk yang menarik, unik dan sesuai dengan standar yang ada. Selain itu, branding terhadap suatu produk juga menjadi penting untuk membangun image yang kuat di masyarakat terhadap produk tersebut"

"Dengan adanya kegiatan ini, tentunya diharapkan agar para pelaku UMKM/IKM di kawasan geopark akan mendapatkan manfaat dengan bertambahnya wawasan tentang peluang usaha dan potensinya yang dapat dikembangkan menjadi suatu usaha yang memiliki nilai tambah ekonomi. Apalagi narasumber pada webinar ini merupakan para pemangku kepentingan terkait mulai dari pemerintah, praktisi, dan juga komunitas", lanjut Loemongga pada saat pembukaan webinar.

"DEKRANAS bersama dengan Kementerian ESDM merasa terpanggil untuk lebih berpartisipasi aktif, yang tetap berusaha dan berjuang untuk memajukan Kabupaten Sukabumi bersama Bupati Sukabumi dan segenap jajarannya melalui Geopark Ciletuh Palabuhanratu, dalam mendorong pengembangan para pelaku UMKM di Kawasan Geopark, melalui gelar rangkaian webinar dan pelatihan sebagai suatu langkah tindak lanjut yang nyata. Setelah webinar ini Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia "GeoMinerba" juga akan melakukan pelatihan teknis dengan tema yang sama namun melalui tatap muka secara langsung kepada para pelaku UMKM" tutur Ratna Arifin Tasrif, anggota Bidang Wirausaha Baru DEKRANAS pada penutupan acara webinar.

Hak Cipta © 2022
BADAN GEOLOGI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
Jl. Diponegoro No. 57 Bandung 40122 Telp. 022 7215297