Encyclopaedia
Visual ilmu dan Pengetahuan Populer
Rasa ingin tahu (curiosity) selalu muncul ketika manusia berhadapan dengan alam semesta, planet-planet, dan segala sesuatu yang ada di dalamnya yang penuh misteri dan teka teki. Rasa ingin tahu itu pula yang mendorong mahusia untuk menjelajah dan meneliti, sehingga menemukan seperangkat pengetahuan te~tang suatu objek. Ketika pengetahuan itu diuji, dibuat sistemnya, dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, maka jadilah ilmu. Demikianlah proses lahirnya ilmu pengetahuan.
Dalam kaitan dengan proses lahirnya ilmu pengetahuan itulah kita dapat memahami, mengapa dari masa ke masa selalu terjadi perkembangan ilmu dan teori ilmu. llmu berkembang, seiring dengan semakin luas dan semakin diketahuinya suatu objek. Sebagai contoh, dulu orang menyangka rnatahari yang berputar, mengelilingi planet bumi. Ternyata, hasil penelitian yang ilmiah, bukan demikian. Yang benar adalah justru bumi yang berputar. Bahkan, dari masa ke masa -mencapai masa jutaan tahun• bumi sebagai geomagnetisme mengalami pergeseran.
Rasa ingin tahu, tidak hanya menggelitik para ilmuwan dan peneliti. Namun, rasa
ingin tahu yang besar sebenarnya ada pada diri anak-anak. Dalam kehidupan sehari• .
hari, kita menyaksikan betapa anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka akan menanyakan sesuatu, mengapa begitu, mengapa begini, bagaimana hal itLi terjadi, dan apa sebabnya?
Sebagaiorang dewasa, kita sering terhenyak dan kelabakan. Apa jawaban kita, jika misalnya suatu ketika seorang anak tiba-tiba menanyakan, "Bagaimana alam semesta ini terjadi? " "Saya lahir dari mana dan bagaimana?"
Bisa saja kita menjawab sekenanya. Tapi, waspadalah! Jawaban yang keliru, akan terus diingat anak sampai dewasa. Karena itu, kita harus menjawab pertanyaan anak dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan jawaban yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan mengenai objek-objek tertentu menyangkut planet-planet dan alam semesta dengan segala isinya, dapat ditemukan dalam serial buku ini:
1 > Mernahami Alam Semesta
2. Memahami Planet Bumi
3. Memahami lklim dan Lingkungan
4. Mengenal Tubuh Manusia
5. Memahami KeragamanTumbuhan
Entah untuk menjawab pertanyan anak di rumah, entah sebagai pemerkayaan dan bahan rujukan pelajaran di sekolah, serial ini sangat membantu. Karena itu, setiap keluarga dan perpustakaan sekolah perlu menyediakannya sebagaireferensi yang benar•
benar dapat menjawab kebutuhan dan curiosity.
Ketersediaan
#
Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi - Jln. Soekarno Hatta No. 444, Bandung, Jawa Barat
PMB 550 UDE v
PMB 550 UDE v
Tersedia
Informasi Detail
- Judul Seri
-
-
- No. Panggil
-
PMB 550 UDE v
- Penerbit
-
Canada :
jacques Fortin.,
2009
- Deskripsi Fisik
-
128p. : ill. ; 18 cm
- Bahasa
-
Indonesia
- ISBN/ISSN
-
979-694-967-9
- Klasifikasi
-
550 UDE v
- Tipe Isi
-
-
- Tipe Media
-
-
- Tipe Pembawa
-
-
- Edisi
-
-
- Subjek
-
- Info Detail Spesifik
-
-
- Pernyataan Tanggungjawab
-
Judhistira Aria Utama : Penerjemah
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas
Tidak Ada Data