Studi kepuasan pengunjung Museum Kegeologian dalam mendukung aspek pelayanan publik
Pelayanan publik dapat didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh lnstansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat. Badan Geologi sebagai salah satu garda depan informasi geologi di indonesia dan mempunyai fungsi edukasi, budaya dan sejarah ini, mempunyai peranan yang penting dalam menyampaikan edukasi dan informasi yang efektif kepada masyarakatmelalui Museum Kegeologian.
Hasil peramalan mengindikasikan bahwa jumlah pengunjung dimasa yang akan datang akan bertambah, maka Museum Kegeologian mempunyai prospek yang cerah. Prospek yang cerah akan jenuh jika pihak pengelola museum tidak dapat menjaga kepuasan pengunjung, akibatnya pengelola museum sangat membutuhkan informasi untuk menjaga bahkan menaikan kepuasan pengunjung, sehingga studi kepuasan pengunjung museum kegeologian perlu dilakukan.
Berdasarkan demografi penggunjung teridentifikasi bahwa ada perbedaan segmen dari setiap museum, dimana Segmen Museum Geologi adalah karena asal pengunjung setiap museum tidak berasal dari daerah yang sama maka akan lebih baik jika pengelola Museum Geologi, Karst, dan Batur saling berbagi pengalaman untuk mendapatkan segmen tertentu.
Ketersediaan
#
Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi - Jln. Soekarno Hatta No. 444, Bandung, Jawa Barat
PMB 352.63 DIA s