Semester I 2025, Nilai SKM PATGTL Naik Jadi 3,83

Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) Badan Geologi Kementerian ESDM mencatatkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) semester I tahun 2025. Survei yang dilakukan pada periode Januari hingga Juni 2025 menunjukkan nilai indeks kepuasan rata-rata sebesar 3,83, meningkat dibandingkan capaian tahun 2024 yang sebesar 3,80. Peningkatan ini menandakan adanya konsistensi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dari tahun sebelumnya.

Selain menjadi tolok ukur kepuasan pelayanan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, survei juga menjawab tantangan ke depan, agar PATGTL semakin relevan dalam mendukung pengelolaan air tanah dan geologi tata lingkungan secara berkelanjutan.

Jika dilihat perbandingan tiap jenis layanan, terjadi peningkatan di hampir semua aspek. Pelayanan perpustakaan naik dari 3,73 di tahun 2024 menjadi 3,82 di semester I 2025. Pelayanan perizinan air tanah mengalami kenaikan cukup signifikan dari 3,72 menjadi 3,88, menunjukkan perbaikan besar pada aspek persyaratan dan kecepatan layanan. Sementara itu, pelayanan laboratorium ada di angka 3,79, termasuk kategori baik dan konsisten dalam memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Layanan perpustakaan PATGTL kembali memperlihatkan perkembangan positif dengan nilai yang meningkat dari 3,73 menjadi 3,82. Peningkatan ini menegaskan komitmen untuk menghadirkan standar pelayanan perpustakaan yang lebih responsif dan adaptif, sejalan dengan upaya PATGTL menjaga kepercayaan publik. Tidak hanya menyediakan literatur dan publikasi ilmiah, perpustakaan juga mendukung penyelidikan geologi serta kegiatan pelayanan publik melalui akses informasi yang cepat dan mudah dijangkau.

Layanan perizinan air tanah PATGTL mencatat peningkatan cukup signifikan, implementasi perizinan yang ramah pengguna melalui OSS (Online Single Submission) semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh izin resmi tanpa harus melalui proses yang berbelit. Hasil tersebut memperkuat kepercayaan publik sekaligus membuktikan bahwa PATGTL mampu menghadirkan layanan yang adaptif, efisien, dan selaras dengan upaya pemerintah dalam mendorong tata kelola sumber daya air tanah yang berkelanjutan. Informasi lebih lanjut: https://bit.ly/IZIN_AIR_TANAH

Layanan laboratorium PATGTL tetap menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik yang terpercaya. Dengan keunggulan di bidang pengujian mutu air, mekanika tanah dan batuan, serta geofisika, laboratorium PATGTL berhasil menghadirkan data ilmiah yang mendukung pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Kondisi ini mencerminkan keandalan laboratorium dalam menjaga mutu pelayanan serta memperkuat perannya sebagai rujukan teknis bagi penelitian, perizinan, maupun pengambilan keputusan strategis di bidang air tanah dan geologi lingkungan.

Hasil SKM semester I tahun 2025 semakin memperkuat komitmen PATGTL dalam menjaga kepercayaan publik. Dengan tren positif pada sebagian besar layanan, PATGTL bertekad melanjutkan inovasi, memperkuat kualitas pelayanan, serta memperhatikan setiap masukan masyarakat guna mendukung pengelolaan air tanah dan tata lingkungan yang lebih baik di masa mendatang.

Ikuti Berita Kami