Pusat
Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) Badan Geologi Kementerian ESDM mencatatkan
hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) semester I tahun 2025. Survei yang
dilakukan pada periode Januari hingga Juni 2025 menunjukkan nilai indeks
kepuasan rata-rata sebesar 3,83, meningkat dibandingkan capaian tahun 2024 yang
sebesar 3,80. Peningkatan ini menandakan adanya konsistensi dalam peningkatan
kualitas pelayanan publik dari tahun sebelumnya.
Selain
menjadi tolok ukur kepuasan pelayanan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No.
14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Unit
Penyelenggara Pelayanan Publik, survei juga menjawab tantangan ke depan, agar PATGTL
semakin relevan dalam mendukung pengelolaan air tanah dan geologi tata
lingkungan secara berkelanjutan.
Jika
dilihat perbandingan tiap jenis layanan, terjadi peningkatan di hampir semua
aspek. Pelayanan perpustakaan naik dari 3,73 di tahun 2024 menjadi 3,82 di
semester I 2025. Pelayanan perizinan air tanah mengalami kenaikan cukup
signifikan dari 3,72 menjadi 3,88, menunjukkan perbaikan besar pada aspek
persyaratan dan kecepatan layanan. Sementara itu, pelayanan laboratorium ada di
angka 3,79, termasuk kategori baik dan konsisten dalam memberikan kepuasan
kepada masyarakat.
Layanan
perpustakaan PATGTL kembali memperlihatkan perkembangan positif dengan nilai
yang meningkat dari 3,73 menjadi 3,82. Peningkatan ini menegaskan komitmen
untuk menghadirkan standar pelayanan perpustakaan yang lebih responsif dan
adaptif, sejalan dengan upaya PATGTL menjaga kepercayaan publik. Tidak hanya
menyediakan literatur dan publikasi ilmiah, perpustakaan juga mendukung
penyelidikan geologi serta kegiatan pelayanan publik melalui akses informasi
yang cepat dan mudah dijangkau.
Layanan
perizinan air tanah PATGTL mencatat peningkatan cukup signifikan, implementasi
perizinan yang ramah pengguna melalui OSS (Online Single Submission) semakin
memudahkan masyarakat dalam memperoleh izin resmi tanpa harus melalui proses
yang berbelit. Hasil tersebut memperkuat kepercayaan publik sekaligus
membuktikan bahwa PATGTL mampu menghadirkan layanan yang adaptif, efisien, dan
selaras dengan upaya pemerintah dalam mendorong tata kelola sumber daya air
tanah yang berkelanjutan. Informasi lebih lanjut: https://bit.ly/IZIN_AIR_TANAH
Layanan
laboratorium PATGTL tetap menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik yang
terpercaya. Dengan keunggulan di bidang pengujian mutu air, mekanika tanah dan
batuan, serta geofisika, laboratorium PATGTL berhasil menghadirkan data ilmiah
yang mendukung pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Kondisi ini
mencerminkan keandalan laboratorium dalam menjaga mutu pelayanan serta
memperkuat perannya sebagai rujukan teknis bagi penelitian, perizinan, maupun
pengambilan keputusan strategis di bidang air tanah dan geologi lingkungan.
Hasil SKM semester I tahun 2025 semakin memperkuat komitmen PATGTL dalam menjaga kepercayaan publik. Dengan tren positif pada sebagian besar layanan, PATGTL bertekad melanjutkan inovasi, memperkuat kualitas pelayanan, serta memperhatikan setiap masukan masyarakat guna mendukung pengelolaan air tanah dan tata lingkungan yang lebih baik di masa mendatang.